Ledakan Bintang Betelgeuse dan Spekulasi Kiamat 2012

02:46

Mendadak beberapa blog bang Ir mengalami perubahan Pagerank, ada yang turun tetap dan naik. Namun apapun itu bang Ir masih bersyukur dapat mengolah postingan - postingan dibeberapa blog tanpa masalah. Kan koneksi internet pribadi sudah naik men jadi 2MB. Terasa leluasa, upload dan download tanpa batas.

Namun beberapa hari ini terasa lebih lagi mendapat kejutan, setelah beberapa artikel di media online sudah mendikte atau membahas masalah ledakan supernova yang akan terjadi tahun depan, yang menurut isu terdahulu mugkin bertepatan dengan spekulasi kiamat di tahun 2012. Bintang Betelgeuse akan mengalami ledakan Supernova, yang akan menyebabkan bintang tersebut terang menderang, yang dimungkinkan akan menjadi matahari kedua. Lah, bang Ir mah minta satu matahari sajalah..!


Kembali ke Bintang Betelgeuse, Bintang ini 20 kali lebih besar dari matahari, terbayang,....1/20 nya saja sudah panas. Jika peristiwa semacam ini terjadi dalam 30 tahun cahaya dari Bumi, secara signifikan ledakan ini akan merusak lapisan ozon Bumi dan menyebabkan kepunahan massal. Wah 1 tahun cahaya saja bingung, entah berapa? Tapi dulu sewaktu SMA kalau tidak salah satu tahun cahaya itu lamanya penempuhan cahaya dalam 1 tahun mungkin 10 triliun kilometer.

Dan akibat ledakan ini menghasilkan supernova-supernova lainnya dengan beberapa sinar gamma dengan radiasinya yang sangat berbahaya. Serat mungkin rasi bintang yang ada akan berpencar dan berantakan....xixixi.

Sebenarnya Bintang Betelgeuse tadi sangat jauh dari bumi, coba hitung dia berada 600 tahun cahaya,....jadi berapa trilium kilometer dari bumi ?. Terhibur oleh alam kah ?

You Might Also Like

1 comments

  1. kok kalimatnya ada supernova supernova lainnya. setauku kan hanya bintang yang berukuran diatas tertentu yang akan mengalami supernova. sperti matahari kita matinya nanti tidak akan mengalami supernova

    ReplyDelete

Like us on Facebook