Presiden Barack Obama memenangkan Nobel Perdamaian

19:00

Presiden Barack Obama memenangkan dan menerima Nobel Perdamaian. Lima anggota Komite Nobel Norwegia - empat di antaranya berbicara kepada The Associated Press, mengatakan pemberian hadiah perdamaian Obama bisa dilihat sebagai mosi awal dimaksudkan untuk kepercayaannya membangun dukungan global.

Mereka memuji perubahan suasana global yang ditimbulkan oleh Obama untuk perdamaian dan kerja sama dunia, dan memuji janjinya untuk mengurangi perdagangan senjata nuklir, kemudahan menyelesaikan konflik US dengan negara-negara Muslim dan memperkuat perannya dalam memerangi perubahan iklim politik, ekonomi dan hukum di dunia.


Obama mengatakan ia terkejut :
"saya tidak melihatnya sebagai sebuah pengakuan atas prestasi saya sendiri, melainkan sebagai penegasan kepemimpinan Amerika atas nama aspirasi yang diselenggarakan oleh orang-orang di semua bangsa," katanya di Gedung Putih. "Terus terang, saya tidak merasa bahwa saya layak berada di pemerintahan yang begitu banyak tokoh-tokoh transformatif yang sudah tersanjung dengan hadiah ini."

You Might Also Like

1 comments

  1. Info menarik....ternyata obama dapat nobel juga ya, salut...

    ReplyDelete

Like us on Facebook