Google Wave : Terminologi Google Wave ( bag. 2 )

06:19

Sepertinya susah juga Bang Ir memahami produk baru dari Google ini. Entah terlalu banyak fasilitasnya atau OON, kebanyakan utak - atik Facebook, dikasih sesuatu yang mirip fb ini,...uih benar - benar susah untuk dipahami. Namun sedikitnya istilah - istilah Google Wave akan bang Ir coba ulas, menambah postingan tentang Google Wave terdahulu.




Terminologi Google Wave

Google Wave sebenarnya memiliki lingo atau bahasa yang aneh - ya, Anda harus mempelajari beberapa definisi jika Anda akan benar-benar memahami platform komunikasi baru ini. Memiliki pengetahuan tentang hal ini akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang proyek terbaru Google.

- Wave :
Sebuah gelombang, secara khusus, merujuk Thread percakapan tertentu. Hal ini dapat mencakup hanya satu orang, atau dapat dimasukan kedalam kelompok pengguna atau bahkan robot (dijelaskan kemudian). Yang terbaik anda bisa membuat perbandingan seperti seluruh rekaman pesan cepat atau Instant Messenger (IM) dengan seseorang. Atau apapun yang telah atau pernah anda bahas dalam chatting adalah percakapan Wave atau gelombang. Bang Ir belum tahu apa ini akan memakai Video seperti yang facebook akan luncurkan.

- Wavelet :
Ini juga sebuah Thread percakapan, tetapi hanya sekumpulan percakapan yang lebih besar (atau gelombang). Inipun sebuah yang dapat direkam pada "History Percakapan". Namun Wavelets, dapat dibuat dan dikelola secara terpisah dari gelombang.

- Blip :
Bahkan lebih kecil dibandingkan dengan Wavelet. Blip ada satu pada setiap setiap pesan. Ini seperti satu baris percakapan pada Instant Messenger (IM). Blips dapat memiliki blips lainnya yang dapat dipasangkan pada IM yang disebut anak. Selain itu, blips dapat dipublikasikan atau unpublished (sekali lagi, itu saja yang keluar seperti mengetik sebuah pesan instan tapi belum mengirimnya). ( contoh bisa dilihat disini )

- Document :
Sebuah dokumen yang merujuk kepada konten dalam blip. Ini tampaknya mengacu pada karakter yang sebenarnya, kata-kata, dan file yang terkait dengan blip.

- Extension :
Ektensi adalah aplikasi mini yang bekerja dengan gelombang. Jadi ini adalah aplikasi yang dapat diputar dengan menggunakan Wave. Ada dua jenis utama extenisons: Gadget dan Robot

- Gadgets :



Gadget adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan dengan para pengguna yang berpartisipasi dalam hal ini, dapat dipasang pada Google’s OpenSocial platform. Perbandingan yang bagus dari iGoogle gadget atau aplikasi Facebook.

- Robots :



Partisipasi Robot yang otomatis dalam sebuah wave / gelombang. Mereka dapat berbicara dengan pengguna dan berinteraksi pada Wave. Mereka dapat memberikan informasi dari sumber-sumber di luar (seperti Twitter) atau dapat memeriksa konten dalam Wave.


- Embeded Wave :



Sebuah gelombang embed merupakan salah satu cara untuk mengambil Google Wave dan percakapan yang ada dan letakkan di website atau blog Anda. User dapat menggunakan Embeded ini sebagai chatroom atau lainnya.

image : mashable[dot]com

You Might Also Like

2 comments

  1. nice post nih mas.....
    thx buat artikelnya....
    salm kenal :)

    ReplyDelete
  2. wah ini menarik banget bang...

    ReplyDelete

Like us on Facebook