Ikut Pemilu, 15 Warga Dapat HP Dan Hadiah Uang

20:31

Ikut pemilu ketiban untung. Sebanyak 15 pemilih di Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat mendapatkan hadiah undian telefon genggam Esia.

Hadiah tersebut adalah realisasi janji Kerapatan Adat Nagari (KAN) Silungkang yang akan memberikan doorprize bagi warga yang memberikan hak pilihnya di 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kecamatan tersebut.


"Tadi siang kita melakukan pencabutan undian di kantor KAN Silungkang dan 15 pemilih berhak mendapatkan hp esia,” ujar ketua kerapatan adat Silungkang Syahrudin Dt Rangkayo Basa, Jumat, 10 April 2009.

Para pemenang undian adalah pemilih yang mendatangi TPS dan tercatat pada petugas di TPS saat proses pemungutan suara. "Meskipun harga hp-nya tidak terlalu mahal, tapi masyarakat tidak melihat dari harganya,” ujar Syahrudin.

Sejauh ini, Syahrudin menilai, sistem pengundian tersebut mampu mendongkrak partisipasi pemilih untuk datang ke TPS. Jumlah pemilih yang datang lebih banyak dibanding Pemilihan Kepala Daerah tahun 2008 lalu.

Dari 15 TPS yang menjanjikan hadiah handphone, tercatat sebanyak 2.000 pemilih memberikan suara dari 3.540 pemilih tetap yang tercatat masuk DPT. "Tingkat partisipasi masyarakat mencapai 72 persen, padahal saat Pilkada hanya 65 persen," kata Syahrudin.

Selain membagikan telefon genggam, kerapatan adat Silungkang juga memberikan hadiah uang bagi tiga TPS yang mampu menarik partisipasi dalam jumlah besar. Tiga TPS yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 225 ribu tersebut yakni, TPS 02 Lubuk Kubang, TPS 01 Tengah Sawah, dan TPS Jalan Tangah.

Menurut Syahrudin, sumber dana untuk memberikan hadiah bagi pemilih dan petugas KPPS tersebut merupakan sumbangan perantau Silungkang yang berada di sejumlah daerah di Tanah Air. "Tidak ada kaitannya dengan partai politik," tambah dia.


Source : vivanews

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook