Asia Mewaspadai FLu Babi

01:47

Flu babi jenis baru yang merupakan kombinasi antara flu burung, flu babi, dan flu manusia ini telah merenggut lebih 80 nyawa dan 1.300 orang dinyatakan terinfeksi Flu babi di Meksiko. Flu ini juga telah menjalar ke AS dan menginfeksi 11 orang dan diduga telah pula merambah Selandia Baru.

WHO telah memperingatkan semua negara di seluruh dunia agar waspada terhadap kemungkinan munculnya pandemi global. Pandemi flu terakhir kali terjadi pada tahun 1968 saat flu 'Hong Kong' menewaskan sekitar 1 juta orang di seluruh dunia.

Negara-negara di Asia mulai mengambil tindakan untuk mengantisipasi menyebarnya flu babi Meksiko ke seluruh dunia. Denagn memberlakukan karantina dan pengecekan terhadap orang-orang yang baru saja tiba dari Meksiko dan Amerika Serikat yang terindikasi gejala flu.

Indonesia
Di Indonesia sendiri, Departemen Kesehatan telah mengambil berbagai langkah antisipatif dan berkoordinasi dengan WHO serta Departemen Peternakan dan Departemen Pertanian.

China
Pemerintah China mengeluarkan peringatan darurat dan meminta warganya yang baru saja pulang dari Meksiko dan AS untuk melapor jika terjadi gejala semacam flu.

Singapura
Seperti halnya China, Singapura terus memantau dan meminta seluruh petugas kesehatan waspada jika terjadi kasus yang mencurigakan. Pemerintah juga menyarankan membatasi kunjungan ke Meksiko dan AS.

Korea
Seperti negara lainnya, Korea Selatan bahkan telah mengkarantina dan mengecek setiap orang yang baru datang dari Meksiko dan AS. Dan juga memperketat import daging Babi.

Hong Kong
Pegawasan yang dilakukan Pemerintah Hongkong adala Keluar-masuknya wisatawan dan pendatang di perbatasan. Orang-orang yang kedapatan mengalami gejala seperti flu babi dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih jauh.

Jepang
Kementerian Luar Negeri Jepang juga meng-advisory ( saran) agar warga yang hendak pergi ke Meksiko mempertimbangkannya kembali jika tidak benar-benar perlu.

Filipina
Pengawasan dilakukan oleh para petugas kesehatan dan bekerja sama dengan petugas pelabuhan untuk mencegah masuknya daging babi impor dari AS dan Meksiko serat melakukan vaksinasi rutin terhadap peternakan babi.

Vietnam
Vietnam telah melakukan pengawasan penyakit untuk mendeteksi kasus-kasus yang mencurigakan. Pemerintah Vietnam juga telah berkoordinasi dengan WHO untuk mencari informasi tentang penyakit tersebut dan cara-cara pencegahannya.

Malaysia
Adapun di Malaysia, orang-orang yang menuju dan pulang dari Meksiko diperiksa kesehatannya.


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook