Harga Software (Windows dan Office) Khusus Untuk Warnet - Update

05:37

Salah satu yang selalu jadi momok masalah Warnet di Indonesia adalah terbenturnya pembelian software original dari pihak Microsoft yang sangat mahal. Bahkan bukan hanya warnet saja perusahaan - perusahaan lain pun menjadi kendala, seperti 2 buah perusahaan besar di Jakarta yang terkena penyitaan hingga ratusan komputer. Kini mungkin tidak lagi bagi warnet setelah mendapat solusi yang di prakarsai asosiasinya, AWARI ( Asosiasi Warung Internet Indonesia ). Ini Bang Ir ambil dari milis Awari :


Ini salah satu surat milis pemberitahuan pada anggota tentang berita terkaitnya mudahnya cara pembelian software dari Microsoft terutama Ms.Windows dan Ms.Office

Awari menjalin kerjasama dgn Microsoft untuk pengadaan software (Windows dan Office) khusus untuk warnet dengan harga jauh di bawah pasar.
Persyaratan untuk memperoleh software tersebut adalah:
1. Data warnet yg sudah atau akan diberikan ke Awari dalam bentuk formulir anggota adalah data sebenarnya yang akan divalidasi ulang. Permintaan software ( Windows dan Office) khusus untuk warnet hanya akan dipenuhi sesuai dengn data yg telah divalidasi
2. Melunasi kewajiban iuran anggota sekurangnya selama 1 tahun (berlaku surut dan akan divalidasi)
3. Menandatangani perjanjian untuk pengadaan software ( Windows dan Office) khusus untuk warnet

Data baru atau perubahan data diterima Awari selambatnya tgl 5 April 2009 (catatan: batas penerimaan dapat dipercepat apalagi kuota pertama sudah terpenuhi).

tabik,

Yamin
Ketua Bidang Orgnaisasi

========
update :
Yang sudah memenuhi syarat adalah yang sudah mendapatkan no anggota termasuk identitas anggota dan sudah melunasi iuran anggota sekurangnya selama 1 tahun.
Satu hal lagi yg tidak kalah penting adalah perjanjian yang harus ditandatangani, yang berisi anatra lain: tidak menggunakan software tersebut di luar peruntukan warnet.

tabik,

Yamin
=======
Alhamdulillah mas Hermawan. Usaha teman-teman secara berjamaah selama ini (2 tahun sebelum kepengurusan dan 2 tahun masa kepengurusan) sudah mulai membuahkan hasil. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak yg bisa diperoleh oleh anggota Awari.

tabik,

Yamin
Tambahan:

Data anggota yang digunakan adalah data anggota yg sudah tersimpan di database Awari (sudah mendapatkan no anggota dan identitas warnet), kemudian akan dilakukan validasi iuran keanggotaan ke bagian Keuangan (data pelunasana iuran anggota akan dikeluarkan bersamaan dengan data validasi)

Bagi anggota yg belum melakukan pemutakhiran data seperti himbauan dalam posting sebelumnya (http://tech.groups.yahoo.com/group/awari-anggota/message/4553); atau belum memperoleh no anggota dan identitas warnet; atau belum memasukkan formulir anggota, akan diikutkan setelah kuota pertama tgl 5 April 2009 (tetap dilakukan validasi terlebih dahulu). Pengumuman no anggota baru/identitas warnet, serta hasil validasi untuk akan dilakukan per tgl 6 April 2009.

Pemutakhiran data dikirimkan ke: register@awari.or.id dengan subject "Pemutakhiran Data", sedangkan formulir baru menggunakan subject "Pendaftaran Baru"

Ilustrasi:
- Warnet A sudah menyerahkan formulir anggota dan sudah memperoleh no anggota / identitas warnet dgn 12 pc client dan 1 pc billing, maka warnet A berhak memesan software maksimal sejumlah 12 pc client dan 1 pc billing yang hanya dipergunakan di warnet tersebut (tidak bisa dialihkan ke warnet atau pc lain meskipun dalam 1 kepemilikan)
- Warnet B sudah menyerahkan formulir anggota dan sudah memperoleh no anggota / identitas warnet dgn 10 pc client dan 1 pc billing, namun terjadi penambahan jumlah client tanpa melakukan pemutakhiran data, maka warnet B hanya berhak memesan software maksimal sejumlah pc client dan pc billing yang terdata (10 pc lient dan 1 pc billing) dan hanya dipergunakan di warnet tersebut
- Warnet C sudah menyerahkan formulir anggota dan sudah memperoleh no anggota / identitas warnet dgn 14 pc client dan 1 pc billing, namun terjadi penambahan jumlah warnet tanpa melakukan pemutakhiran data, maka warnet C hanya berhak memesan software maksimal sejumlah pc client dan pc billing pada warnet yang terdata (14 pc client dan 1 pc billing) dan hanya dipergunakan di warnet tersebut (tidak bisa dialihkan ke warnet lain meskipun dalam 1 kepemilikan)
- Warnet D sudah menyerahkan formulir anggota dan sudah memperoleh no anggota / identitas warnet dgn 24 pc client dan 1 pc billing, sudah pula dilengkapi dengan software original baik windows maupun office, maka warnet tersebut TIDAK dapat melakukan pemesanan untuk dipergunakan atau dijual kembali ke pihak lain (terikat dgn perjanjian tertulis dgn konsekuensi hukum yg jelas)

tabik,

Yamin


Update :
========
Harga Awari untuk lisensi untuk Windows Vista Business (yang dapat didowngrade ke XP _Pro, windows 2000 atau windows 98) akan diberitahukan per 25 April 2009. Sampai tgl tersebut masih diusahakan negosiasi harga semurah mungkin. Awari berusaha mendapatkan harga discount sekitar 75% dari harga retail. Sebagai patokan harga retail XP pro GGWA/OEM atau Vista Business sekarang ini adalah USD 140-145, sedangkan MS Office Basic 2007 adalah USD160-165 (http://www.rakitan.com/soft.php). Jika negosiasi berhasil dengan baik, maka kisaran harga yang akan diperoleh Awari adalah antara USD35 untuk Windows Vista Business dan USD40 untuk MS Office Basic 2007. Meskipun harga tersebut sudah tergolong sangat murah, namun demikian Awari sampai detik terakhir tetap akan berusaha meminta harga discount lebih dari yang sudah diajukan, yaitu kisaran discount 80%-90%.

Untuk memudahkan proses pemilikan dan juga proses negosiasi harga, dihimbau kepada semua anggota Awari (yang juga anggota milis) untuk segera melengkapi data anggota (formulir anggota) selambatnya 21 April 2009. Data tersebut akan dijadikan patokan (frozen data) untuk pembelian sekarang dan di masa mendatang. Jadi anggota yg belum berkesempatan membeli sekarang diusahakan akan tetap dapat membeli pada kesempatan berikutnya. Data yang terkumpul setelah tgl 21 April 2009 tidak akan disertakan dalam program ini.

Bagi anggota yg sudah memiliki lisensi Microsoft legal dan akan melakukan ekspansi bisnis di masa mendatang tetap diberikan peluang untuk mendapatkan lisensi dengan harga yg juga tidak kalah menarik dalam program pemilikan software untuk pc baru (masih dalam tahap pembahasan) yg kemungkinan besar akan dilaunching pada bulan September 2009.
Sebagai awalan untuk anggota yg sudah menggunakan software proprietary legal akan diikutkan dalam proses validasi warnet yang begitu mudah dan dengan insentif per PC yg sangat menarik (akan dijelaskan pada thread lain)



update : 25-04-2009
==============
Setelah mengalami ketidakjelasan dan sedikit kekisruhan dengan perangkat bisnis lain dalam jalur distribusi Microsoft, akhirnya mulai terkuak harga dari yang ditawarkan untuk warnet.
Dari laporan langsung pre-launching di Makassar dan tanya-jawab singkat dgn pihak Microsoft, diketahui bahwa harga bundling (paket) Microsoft Vista Business (GGWA) + Microsoft Office 2007 adalah USD68. Pembelian dapat dilakukan secara terpisah antara Windows dan Office, dengan harga kisaran USD28 untuk Office dan USD40 untuk Windows.
Satu hal yg perlu diingat, harga tersebut adalah harga pre-launching (penjajakan pasar). jika dengan harga tersebut reaksi pasar cukup baik, maka harga tersebut akan menjadi harga pasti. Sebaliknya, jika reaksi pasar kurang menggembirakan maka ada kemungkinan harga akan dirubah kembali (meskipun kecil sekali kemungkinannya).
Beberapa opsi sedang dimatangkan oleh BPN agar warnet anggota yang ingin mengikuti program mendapat kemudahan.
Awari sendiri akan hadir pada salah satu booth pada launching yg diadakan pada tgl 28 April 2009 di Senayan Trade Center.

tabik,

Yamin

You Might Also Like

11 comments

  1. boleh juga tuuuh indonya... ayo siapa yang blom punya software ntu, cepetan daftar... huehehehehe...

    ReplyDelete
  2. Ok deh gak apa2 bang....makasih ya dah berkunjung...I'll be back soon here....

    ReplyDelete
  3. wah.. blum ada niatan buat warnet nih bang... ngga punya modal soalnya.. xixixixixi.. met week end ya..??

    ReplyDelete
  4. walah modale mbuat warnet mase sedeng nyari kang di bisnis online :D

    ReplyDelete
  5. wah makasih infonya, kemarin temen pingin buka tapi masih mengeluhkan licensenya itu. Kalo ada yang murah sih membantu banyak. thanks bang ir.

    ReplyDelete
  6. ntar kalo mau bikin aku beli ahh hehehe

    ReplyDelete
  7. ada kebijakan baru ya mas

    ReplyDelete
  8. Menengok perkembangan info warnetnya

    ReplyDelete
  9. Wah kabar baik Itu,Ngomong - ngomong gimana caranya untuk jadi anggota AWARI ??
    Info dhong..

    ReplyDelete
  10. http://tech.groups.yahoo.com/group/awari-anggota/

    ReplyDelete
  11. kira-kira untuk membuka warnet kita membutuhkan modal berapa ?...

    ReplyDelete

Like us on Facebook