Cara Atasi Ketenangan Diri

09:00

relaxApa yang terjadi bila satu butir kerikil di lemparkan pada telaga yang airnya tenang...?


Bila diperhatikan, pada pusat dimana kerikil tersebut jatuh ke telaga, akan tercipta sebuah riak gelombang yang mengalun keseluruh penjuru dunia telaga.

Dan dapatkah anda menghentikannya?

Tak akan mungkin hanya dengan waktu sekejap, anda bisa menghentikannya. Apabila anda coba memasukan telapak tangan ke dalam air. Atau juga mengambil sebatang kayu, atau kedua belah kaki anda. ? Apa yang terjadi ?
Yang terjadi hanya semakin banyak anda melakukan kesalahan, semakin banyak riak gelombang baru bermunculan. Satu-satunya cara menghentikan laju gelombang itu dengan membiarkannya berhenti sendiri.

Demikian pula dengan ketenangan dan pikiran kita. Semakin keras anda melakukan sesuatu pada pikiran anda, maka semakin sulit anda mencapai ketenangan itu. Coba amati saja...!
Anda jangan tolak atau menghentikan riak yang ada pada pikiran anda. Biarkan pikiran itu berangsur-angsur tenang. Ketenangan diri bermula dari ketenangan pikiran, sedangkan ketenangan pikiran bermula dari ketenangan bernafas. Dalam nafas yang tenang pasti akan ditemukannya jiwa yang tenang....Maka dimulai detik ini tarik nafas anda, rasakan bagaimana?

PS: foto dari





Sudahkah Anda mem-Bookmark Blog ini? Add to Technorati Favorites

You Might Also Like

13 comments

  1. Coba saya terapkan bang. Pikiran saya lagi gak tenang neh. Baru masuk kerja hari ini

    ReplyDelete
  2. @Anthony Harman:
    Kok, abang malah ga tenang di kasih masuk kerja lagi. Orang lain banyak yg menharapkan loh.!
    Ya, ngerti bang....semoga sukses

    ReplyDelete
  3. Benar juga ya, semakin dipikirin semakin nggak tenang

    ReplyDelete
  4. semedi bang.. ngadem... hehe...

    ReplyDelete
  5. mulai detik ini tarik nafas... stop jgn lepaskan hehe...

    ReplyDelete
  6. kutarik nafasku kok dadaku jadi sesak ya?*gubrak!*meloncat trus ngacir. biar dikejar do'i

    ReplyDelete
  7. Siang Bang

    Yakin nggak ama kata-kata dari orang yang ahli yaitu : TUHAN PEMBIMBING YANG BAIK BUAT MANUSIA

    Kata-kata indah yang sedemikian memukau. Memberi rasa nyaman kepada siapa saja yang mendengarnya. Memberi rasa aman kepada siapa saja yang dicekam ketakutan, Memberi penghargaan kepada siapa saja yang tidak memiliki harapan. Memberi KETENANGAN kepada mereka yang galau dengan beratnya perjuangan hidup.

    Salam

    ReplyDelete
  8. lemme tray.. huuuuup laaaaaah... huuuuup laaaaaah... ciaaat,
    hayyaaah mirip chi khung oiy.. :)

    ReplyDelete
  9. wah aku akan mencobanya sekarang....narik napas dengan tenang tahan....dann.......hhhmmmmppppmmmm


    selanjutnya....aku cabut dulu nya kang...tos karaos euy....ambeh tenang...heula kang, weh weh weh.........bau cet nih

    ReplyDelete
  10. Fuiihhhh... trasa lbih segar...

    ReplyDelete
  11. Makasih lagi Bang Ir. Lagi-lagi dapat inspirasi dari sini. Tenang dan damai.

    ReplyDelete
  12. saya mendadak mrs adem di hati neh kang, pdhl meditasinya lom sy mulai. mungkin krn layout templatenya yg ngadem-in...

    ReplyDelete
  13. waaahhh kalo saya begitu pas saya ngetik,..malah nggak bisa koment doong bang....

    ReplyDelete

Like us on Facebook