Cara Membuang Pujian

00:33

Pada bang Ir ada seseorang yang memberi pujian sesuatu hal yang tidak terpikirkan untuk mendapatkannya. Mungkin teman-teman atau siapa anda pernah juga merasaknannya diberi pujian. Tapi hati-hati dengan pujian itu sendiri. Satu pujian bisa menumbuhkan seseorang akan percaya diri. Ketika menerima pujian hati anda akan tersanjung, dan membenarkannya. Saat kesadaran lenyap terbuai perasaan yang indah dan nikmat itu, ini sebagai keruntuhan bagi anda. Perlakukan pujian ibarat anda melihat ular berkulit indah namun menyemburkan racun. Keruntuhan lainnya adalah bila dalam berkarya, anda berharap mendapat pujian.


Pujian itu bagai air laut, semain banyak diminum, semakin hauslah anda. Pujian dapat membunuh anda secara perlahan-lahan. Bukan karena terlalu banyak garam yang anda reguk, tapi kerakusan yang tak pernah puas. Cegahlah dengan cara mempersiapkan kantong kresek sampah yang besar, masukan segala pujian yang datang, lalu buang kesungai besar dan dalam menuju lautan luas...hehehehehe.

Anda sama sekali tidak perlu pujian....! semoga sukses !!!

You Might Also Like

11 comments

  1. Setujuuu!!!! kadang bagi yang nggak bisa mengendalikan bakal terjebak dalam kesombongan,..so waspadalaah...!!!

    ReplyDelete
  2. satu lagi pencerahan untuk tetep rendah diri :)

    makasih udah mengingatkan kang :)

    ReplyDelete
  3. @om Nara:rendah hati bukan rendah diri

    ReplyDelete
  4. Ya setuju, adalah sangat manusiawi jika kita ingin di puji. Tapi terkadang kotoranlah yang bisa jadikan sebagai pupuk yang akan memberikan kita pertumbuhan yang signifikan. Salam.

    ReplyDelete
  5. Pujian boleh diterima dan diolah menjadi motivator, kalo diterima sebagai sebuah "kehebatan" ya itu bahaya banget. BIsa jadi sombong dan menjatuhkan. Nice info,bang

    ReplyDelete
  6. Ada orang yang membutuhkan pujian sebagai senjata buat menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri. Coba bayangkan kalo kamu punya bawahan yg memiliki sifat kayak gitu?

    ReplyDelete
  7. pujian mmg sering mmbuat org terlena..
    but jadikan tu tolok ukur buat kita agar bisa sukses lagi

    ReplyDelete
  8. Weeiisss.. top bgt de nih artikel.. mengena banget.. bang ir emang paling jago buat nulis yang beginian (eiit.. sori bang, yg ini dimasukin tong sampah aja ya..:)).
    Thanks banget uda ngingetin.

    ReplyDelete
  9. Segala bentuk sanjung puji simpanlah ditangan dan cari tempat untuk membuangya, namun sanjung puji untuk Sang Pencipta simpanlah dihati...

    ReplyDelete
  10. rendah hati dan tidak sombong itu yg terbaik :)

    ReplyDelete
  11. memang pujian perlu di hati-hatikan... x semua yang memuji itu ikhlas ..

    ReplyDelete

Like us on Facebook