Pilih Google, Yahoo atau MSN

03:46


Penerapan strategi Optimalisasi Search Engine, atau SEO dengan tepat adalah bagian terpenting dalam stategi Pemasaran Internet, Internet Marketing dengan wajibnya memantau perkembangan Google. Kompetisi Google sebagai search engine makin keras, setelah didahuli oleh MSN dan Yahoo. Mungkin beberapa tahun lalu ada penganugrahan Yahoo sebagai raja situs web pencarian. Dan kini Google semakin hebat dengan pangsa pasarnya seperti di Amerika, sebagai web favorit.

Sebenarnya MSN dan Yahoo memiliki pengunjung yang lebih besar dibanding Google, karena mereka sebagai portal raksasa memiliki banyak fitur seperti permainan (games), musik, personal web, dan berbagai fitur seperti chatt online. Serta pendapatan keduanya adalah terbesar dibanding Google, yang mungkin menurut Bang Ir sebagai modal melawan Google.


Google tersampingkan yaa…? Tapi tidak juga, tahun ini Google mengalami kenaikan pangsa pasarnya dalam hal aspek pencarian. Dari risetnya, Bonny Brown, Direktur Penelitian dari Keynote System Inc, suatu badan yang menganalisa performa dari berbagai website seperti dikutib Business Week mengatakan ‘bahwa penggunaan metoda pencarian sebagai cara untuk navigasi web terus meningkat, dan sering kali menggantikan fungsi URL box (kotak untuk penulisan alamat web). Mulai dari kencan online, wisata, sampai ke perbankan, metode pencarian di situs pencarian merupakan suatu titik awal bagi pengguna web.

Bila Bang Ir bilang saya lebih suka dengan Google, Google mempunyai penampilan yang sangat sederhana, yang terdiri dari sekitar 13 link saja. Dan bila lihat penampilan MSN dan Yahoo yang memiliki berkali lipat link dalam webnya.

Ketika Bang Ir mengunjungi situs pencarian, maka tujuannya adalah mencari sesuatu. Itulah yang ditangkap secara cerdas oleh Google: hanya memberikan fasilitas dan link untuk pencarian ( wew...pro ke google ). Kesederhanaan inilah yang membuat banyak pengguna Internet menyukai Google. Kenyataan ini jelas memberatkan Yahoo! dan MSN karena pengguna online sekarang cenderung sulit untuk berpindah-pindah dari satu situs pencarian ke yang lainnya, misalnya dari Yahoo! ke Excite kemudian ke AltaVista kemudian kembali lagi ke Yahoo.

Dengan pamornya Google yang meningkat, MSN dan Yahoo juga berusaha mengimbanginya dengan berbagai cara, mungkin sedikitnya membuat tampilan yang sederhana dan se-minimalis mungkin. MSN, membuat fitur tanya jawab langsung seperti ‘berapa jumlah penduduk Indonesia ?, maka list jawaban hasil pencariannya teratas adalah 240 juta. Misalnya. Dan untuk Yahoo sendiri denag terobosan barunya adalah men-scan isi dari situs langganan, seperti seperti Wall Street Journal Online dan ConsumerReports.org serta aplikasi Web 2.0 nya. Web 2.0 yaitu system pencarian yang benar – benar berdasarkan analisa link, semakin banyak link yang menuju ke suatu situs, maka semakin tinggi bobotnya pada hasil pencarian.

Dari persaingan diantara pemilik web pencarian itu, kita dapat jadikan sumber inovasi yang akan menguntungkan bagi para pengguna Internet. Jika Google yang saat ini merupakan pilihan, jadikan sebagai strategi optimalisasi anda sebagai pemilik blog, portal dan web lainnya.



You Might Also Like

12 comments

  1. kalau sudah jatuh hati sulit rasanya google di kejar oleh kedua pesaing-nya

    ReplyDelete
  2. Kayaknya lebih yahud pakai google bang.

    ReplyDelete
  3. daku lom nyoba pencarian via MSN. katnya menarik juga sih..

    ReplyDelete
  4. yahoo emg terlalu banyak link *yg g saya butuhin* heheheh jadi ruwet ngliyatnya
    lebih sreg pke google bwt search...dari segi view juga gag ribet

    ReplyDelete
  5. Kayaknya emang Google sulit terkalahkan deh

    ReplyDelete
  6. ya google donk masa ya google lah hehe salam enal bang ir

    ReplyDelete
  7. wah..wah..yang ini manteppp pisan kang penjelasannya...;;)

    saya juga seneng ama google kang..yah karena itu..simple dan smart..:D

    lengkap dan detail sekali penjelasannya..salut kang :)

    ReplyDelete
  8. aku pilih google. tapi ga menutup kemungkinan, pake Yahoo juga.

    ReplyDelete
  9. google number one...hehe....

    ReplyDelete
  10. saya sudah jatuh hati pada om google sejak pertama mengenal internet. kalo yg lain, kadang2 aja.

    ReplyDelete
  11. iya neeh,.. cuma kayanya kalo dah kenal lebih dulu tuuh jadi trenstetter gitu,.. beberapa orang yang baru kenal internet pasti udah kenal google duluan,.. yaachh paling nggak di warnet sebelah tuuuh,...

    ReplyDelete

Like us on Facebook