Asal Mula Check atau Cek

01:00

Pembayaran Uang atau transaksi menggunakan Cek (check) terjadi sebelum masehi di Romawi, sekitar tahun 352. Namun bukti telah ditemukan ternyata penggunaan Cek adalah di Belanda sekitar tahun 1500, kemudian tahun 1700an orang - orang di Inggris menggunakannya juga.




Awalnya sebuah bank mencari cara untuk mengidentifikasi dan melacak dengan "meng-cek" nomor berupa seri yang dipasang sebelah kanan atas. Keberadaan Check dan peredaran pada saat itu menjadi masalah besar di Inggris, walaupun dalam pengambilan Check ini banyak kurir yang mendapatkan tip atau imbalan jasa. Inilah awal check tersebut ada.

Pada kesempatan luang, beberapa kurir selalu membicarakan masalah ini, untuk memecahkan, sedikitnya berbagi atau saling tukar chek dan saling berbagi tip. Dari obrolan - obrolan tersebutlah lahir istilah kliring atau juga clearinghouse

You Might Also Like

6 comments

  1. oh... udah lama juga yah ditemuin check... ngomong2 gambar yang atas check bang ir yah dari google... gede juga...eheh.

    ReplyDelete
  2. naah, kalo gitu, hampir sama doong ama penamaan nama tempat di indonesia

    ReplyDelete
  3. benar juga ya...barangkali mereka pikir daripada bawa uang banyak resikonya tinggi mendingan mengunakan check walaupun tak secangih zaman sekarang..

    ReplyDelete
  4. Kayaknya ada filmnya leonardo de caprio judulnya apa ya bro tentang pemalsuan cek juga. Kalo ngga salah "catch me if u can" yang dari kisah nyata taon....(jaman kuno).

    ReplyDelete
  5. @BloGendeng: itu karya Steven Spielberg yang penuh kritikan...tahun 1963 ceknya klo ga salah $2.8 million.

    ReplyDelete
  6. wah sayang juga anna blum pernah pegang cek.....hiks....anna dari jaman apa yah...lebih dari jaman kuno kali yah :((

    ReplyDelete

Like us on Facebook