Istilah-istilah AdSense

Publisher
Publisher adalah pemilik situs yg sudah bergabung dengan Google AdSense dengan ciri telah mengexposed iklan – iklan google disitusnya

Ad Units
Yg dimaksud dengan Ad Units adalah jenis iklan yang terdiri iklan dari beberapa jenis dan ukuran yang berbeda – beda dengan spesifikasi isi dan link iklan tertera. Lihat contoh jenis dan ukuran Ad Units di sini. Bagi pemilik situs atau publisher dapat memasang jenis ini maksimal 3 buah Ad Unit.
Link Units
Ini adalah jenis iklan dengan ciri atau formatnya hanya teks link saja, lihat contoh. Pemasukan dari Link Unit biasanya lebih besar dibanding dengan Ad Unit diatas. Bagi pemilik situs atau publisher dapat memasang jenis ini maksimal 1 buah Link Unit.

AdSense for Content
Yg dimaksud AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan2 yang muncul adalah iklan2 yg telah di setting channelnya oleh publisher agar iklan yang muncul berhubungan dengan channel yang telah disettingnya.

Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul sesuai apa yang telah disetting. Apabila demikian maka Google akan memasang Alternate Ads dengan default PSA ( Public Service Ads ) atau Iklan Layanan Masyarakat. Dan bagi publisher iklan ini tidak akan mendatangkan keuntungan. Untuk mencegah ini dapat diatasi dengan men-setting Alternate Ads yang lain yang telah disetting dahulu..

AdSense for Search
Selain memasang iklan, publisher AdSense juga dapat memperoleh keuntungan dengan memasang form search box di situsnya. Form ini dinamakan AdSense for Search. Apabila ada pengunjung yg melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman hasil pencarian yg bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units, publisher akan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yg ada di halaman tersebut di-klik.
Publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 2 buah form AdSense for Search dalam satu halaman. Selain itu publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak lain.

Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yg menunjukkan berapa kali halaman yg mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yg ada di dalam halaman yg bersangkutan.

Channels
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu lebih, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa perfomance AdSense mereka.
Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yg sama pada unit2 iklan yg ada di satu situs. Jika mau lebih detail, sah2 saja untuk memberikan nama Channels yg berbeda untuk tiap2 unit iklan di tiap2 situs. Yg perlu diingat, maksimal jumlah Channels yg diperbolehkan saat ini adalah 200 buah.

Clicks
Rasanya tidak perlu diterangkan panjang lebar. Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher.

Referrals
Referrals adalah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia AdSense. Ya, publisher dapat melakukan iklan referral, baik berupa banner maupun text, di situs mereka. Yg perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana publisher baru akan dibayar apabila pengunjung yg meng-klik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu. Saat ini ada 3 macam iklan referral, yaitu AdSense, AdWords, dan Firefox.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yg ditampilkan 40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik. Nilai CPC masing2 Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yg ditawarkan pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yg ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh, publisher yg menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).
Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat secara garis besar melihat kesuksesan Channel / Ad Units-nya berdasarkan eCPM Channel atau Ad Units tersebut.

Komentar

Postingan Populer