Affiliate Marketing?

19:35

Sangat sederhana menerjemahkan arti affiliate marketing adalah bisnis yang dijalankan via internet, yang merupakan sebuah usaha bersama antara merchant ( produsen ) dan affiliasi ( media usaha).

Merchant adalah pemilik produk atau jasa, dan membuat system penjualannya melalui program affiliasi. Dan Affiliasi adalah orang yang membantu mempromosikan produk/jasa merchant dengan komisi tertentu.


Untuk setiap affiliasi (mediator) yang bergabung, merchant memberikan satu replika websitenya kepada affiliasi serta memberikan link website repilikanya beserta banner khusus untuk dipromosikan oleh sang affiliasi. Yang berguna untuk mengetahui siapa yang mengirimkan calon pembeli ke website merchant (mengidentifikasi pemilik link).


Merchant sangat selektif melakukan penelitian website para affiliasinya, karena mereka ingin website para affiliasinya bercontent cocok dengan produk jual dalam hal lain penelitiannya memegang satu patokan yang ingin mereka capai yaitu mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dengan tujuan promosi para merchant tidak sia – sia.

Setelah mendapatkan hasil penelitian yang baik, para merchant menempatkan iklannya di situs para affiliasi dengan tidak menggangu pengunjung situs tersebut.
Ikaln tersebut apabila menarik maka para pengunjung situs affiliasi tersebut akan terbawa pada situs atau website replica para affiliasi tersebut. Dan apabila demikian, maka merchant akan memberikan komisi kepada para affiliasi tersebut.

Pada Program ini para Affiliasi mempunyai banyak keuntungan. Dan Affiliasi bisa mengikuti lebih dari satu program afiliasi. Dan ini akan mendapatkan income dari website miliknya. Dengan kesepakatan yang berbeda dalam pemberian komisinya, harian mingguan, bulanan, triwulan serta minimal perolehan komisinya. Namun caranya tidak mudah.


Istilah lain yang ada pada program affiliasi

Pay Per Click – PPC : seorang affiliasi akan dibayar oleh merchant apabila setiap pengunjung websitenya melakukan Klik saja pada link atau banner yang mereka pasang.

Pay Per Lead – PPL : seorang affiliasi akan dibayar oleh merchant apabila setiap pengunjung websitenya melakukan Klik serta meninggalkan identitasnya.

Pay Per Sale – PPS : seorang affiliasi akan dibayar oleh merchant apabila setiap pengunjung websitenya melakukan transaksi. Biasanya Komisi ini akan lebih besar.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook